Minggu, 07 November 2010

mempercepat kinerja komputer

oke gan ketemu lagi dg ane, kali ini ane kasih tips N trik jitu...
Komputer agan merupakan salah suatu benda yang bisa melakukan berbagai jenis aktifitas dan dapat mempermudah pekerjaan agan. Kini komputer PC merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat di era modern seperti sekarang ini. Jika komputer PC atau laptop yang agan punya terasa begitu berat dan lemot, agan akan kesal bukan?
Oleh karena itu sekarang ane akan memberikan Tips dan Trik tentang Cara Mempercepat Kinerja Komputer :

.: Tips Trik Mempercepat Kinerja Komputer :.


* Perhatikan Visual Grafis

Efek efek visual grafis komputer agan seringkali memberatkan kinerja komputer PC agan. Oleh karena itu agan harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer agan atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC agan. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Klik kanan icon My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effects

Nah disitu kan ada pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, agan pilih saja yang agan utamakan. Atau agan bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan agan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan agan.

* Hindari Program-program yang Tidak Berguna

Seringkali agan hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer agan. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer agan maka hardisk akan lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer agan akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu saya sarankan agan agar :

- Uninstall program-program yang tidak berguna
Caranya : Control Panel -> Add or Remove Programs
Nah disitu akan kelihatan mana program-program yang sering agan pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang agan pakai maka di hapus saja dari komputer PC agan.

- Lakukan Disk Cleanup
Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk agan.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang agan ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup

- Defragment Hardisk Berkala
Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika agan melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk agan.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang agan ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now

* Melakukan Tweaking dengan Software

Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer agan. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry agan dari kesalahan-kesalahan / Error. Agan dapat mencari sofware - software tersebut di google maupun indowebster.

* Optimalkan Virtual Memori

Caranya :
My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change)
Nah disitu ada bagian custom size agan isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended

Oke mudah-mudahan tips dan trik diatas dapat membantu agan untuk mempercepat kinerja dari komputer agan, sekian .. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar